ROH KUDUS DICURAHKAN DENGAN DAHSYAT ATAS HIDUP KITA DAN MARKETPLACE

Tuhan Yesus mencurahkan Roh Kudus kepada orang percaya supaya dipenuhi Kuasa untuk bersaksi tentang keselamatan dan perbuatan-perbuatan Allah yang dahsyat. Di era pentakosta yang ketiga ini kita akan melihat pencurahan Roh Kudus yang sangat dahsyat sehingga banyak pertobatan, pemulihan dan keselamatan dengan cara-cara yang ajaib, yang belum pernah kita lihat dan pikirkan. Kita akan melihat lawatan Tuhan yang dahsyat di hidup kita, Sekolah, Kampus, mall, pasar, kantor, rumah sakit dll. Mengapa demikian?

Sebab dalam Yohanes 16: 8-15 kita melihat Roh Kudus bekerja sedikitnya dengan 3 cara :

1.  Menginsafkan akan dosa (Yoh. 16:9)

"...akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku."

Manusia pada umumnya sulit untuk mengakui kesalahannya sendiri karena kesombongannya, apalagi mengakui dosa yang diperbuat dan disembunyikan. Roh Kudus  menegur, menasehati, mengingatkan dan menginsafkan orang akan dosa. Roh Kudus akan menyatakan dosa dan ketidakpercayaan untuk membangkitkan kesadaran akan kesalahan dan perlunya pengampunan dosa serta pertobatan yang sungguh-sungguh untuk berbalik kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat (Kis 2:37-38). Kita akan melihat PENUAIAN JIWA TANPA BATAS! Roh Kudus juga membuat orang percaya hidup dalam pertobatan setiap hari serta  berkomitmen untuk hidup kudus, berkenan dan menyenangkan hati  Tuhan.

2.  Menginsafkan akan kebenaran (Yoh. 16:10 )

"... kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi."

Roh kudus membawa setiap orang untuk percaya kepada kebenaran yang sejati di dalam Yesus, menyadarkan orang akan standart kebenaran Allah di dalam Kristus, menunjukkan apa hakekat dosa yang sebenarnya. Sehingga manusia tidak berjalan sesuai dengan kebenarannya sendiri serta melakukan segala sesuatu yang dipandang baik menurut ukurannya sendiri. "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran,  Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran ; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang." (ay. 13).

3.  Menginsafkan akan penghakiman (Yoh. 16:11)

"...akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum."

Roh Kudus juga menginsafkan orang bahwa penghakiman Allah berlaku atas Iblis dan para pengikutnya. Iblis sudah dikalahkan di atas kayu salib (Yoh 12:31; 16:11), dan ada penghakiman Allah atas dunia saat ini (Rom 1:18-32) serta seluruh umat manusia di masa depan (Mat 16:27). Dengan demikian, orang percaya tidak mudah diintimidasi oleh si iblis yang telah dikalahkan dan dihancurkan kuasanya oleh darah Anak Domba. Karenanya Orang percaya harus lebih 'on fire'dan TIDAK TAKUT untuk bersaksi dan memenangkan jiwa-jiwa. Sadar akan adanya penghakiman juga membuat kita hidup sungguh-sungguh dengan Tuhan serta berjaga-jaga menyambut kedatangan-Nya kali yang kedua.