BERDOA UNTUK PENUAIAN DI SEKITAR KITA

Berdoa adalah nafas hidup orang percaya, berdoa adalah komunikasi dua arah antara manusia dengan TUHAN. Melalui doa kita membangun hubungan yang akrab/intim dengan TUHAN. Namun doa juga adalah salah satu dari selengkap senjata ALLAH yang kita gunakan dalam peperangan rohani.

Melalui doa kita bukan hanya meminta apa yang menjadi kebutuhan kita kepada TUHAN, tetapi juga kita minta tuaian jiwa besar-besaran di era penuaian jiwa terbesar dan terakhir sebelum kedatangan TUHAN YESUS yang kedua kali. Apa saja yang perlu kita doakan berkaitan dengan penuaian jiwa-jiwa?

1.                  Berdoa syafaat untuk keselamatan jiwa-jiwa

“Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.” (1 Timotius 2:1-4)

Doa kita haruslah dinaikan untuk semua orang, sebab TUHAN YESUS menghendaki agar semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. Buatlah VIP List, yakni daftar nama-nama orang (misal 10 nama) yang ada disekitar kita yang belum percaya untuk kita doakan setiap hari secara rutin agar TUHAN melawat mereka dan membuka pintu anugerah untuk mereka.

Kita bisa berdoa di rumah, di meja kerja, atau bahkan sambil berjalan keliling sekolah, kampus, kantor atau tempat usaha kita.

2.                  Berdoa minta para pekerja/penuai jiwa

“Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” (Lukas 10:2)

Tuaian jiwa-jiwa kedepan ini akan sangat luar biasa, diperlukan banyak penuai-penuai, bukan hanya mereka yang melayani sebagai pendeta, pengkhotbah, penginjil atau fulltimer gereja saja, melainkan semua orang percaya dipakai TUHAN untuk menjadi pasukan penuai. Untuk itu doakanlah agar setiap orang percaya diberikan hati dan beban ilahi oleh Roh Kudus untuk dipakai TUHAN menjadi alat di Tangan-Nya.

Jangan lupa, saat kita berdoa minta penuai tentu TUHAN berbicara kepada kita lebih dahulu untuk menyerahkan diri kita dipakai sebagai penuai jiwa.

3.                  Berdoa untuk hamba-hamba TUHAN yang bekerja di ladang penuaian

“Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu,” (2 Tes 3:1)

Tentu kita harus berdoa secara khusus bagi mereka, para hamba TUHAN yang bekerja sepenuh hati melayani di ladang TUHAN. Agar melalui mereka pemberitaan Firman TUHAN makin tersebar dengan luas, banyak jiwa diberkati dan diperlengkapi serta dimenangkan bagi kemuliaan TUHAN YESUS.

Dalam Kisah Para Rasul 4:29-31, kita melihat bagaimana orang percaya berdoa:

“Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu. Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus." Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.”

Dari ayat diatas kita ketahui juga bahwa saat orang percaya berdoa untuk para Rasul dalam pemberitaan injil, mereka sendiri juga dipenuhi dengan kuasa ALLAH dan memberitakan firman ALLAH dengan berani.

Berdoalah untuk penuaian jiwa-jiwa dan persiapkan diri Anda!

Tuhan Yesus Memberkati